Ganti Oli Sok Depan Satria F150

Sebagai peranti pendukung kenyamanan, sokbreker kudu rutin dirawat. Terutama olinya, pada batas waktu tertentu perlu diganti (misal 15.000 km). Kalo enggak, tak mustahil bisa mengancam jiwa.

Seperti dialami Agung Setio, warga Karang Tengah, Jakbar. Akibat oli suspensi depannya gak diperhatikan, dia hampir celaka. Sokbreker gak main. Saat melibas trek keriting, besutan susah dikendalikan.

Wajar, karena oli suspensi juga ada masa pakainya. Sama seperti oli mesin. Makanya, kalau peredaman depan pada tunggangan sudah mulai ngaco, segera ganti olinya.

Praktiknya gampang, kok. Saya mau kasih cara melakukan ritual ini yang praktis dan efisien. Pokoknya gak perlu ngebongkar atau ngelepas suspensi segala, kok.

Pertama, siapkan dulu perkakasnya; kunci ring 17, batang besi yang ujungnya dibengkokkan (30 cm), slang akuarium (1 meter), suntikan tanpa ada jarumnya, gelas ukur dan oli sokbreker baru.

Setelah memarkir motor di tempat aman, buka baut sok di bagian atas dulu dengan kunci ring 17 ke arah kiri. Lakukan hati-hati. Karena tendangan dari per di dalam sok sangat kuat.

Kalo udah copot, gunakan batang besi tipis yang sudah dibengkokkan ujungnya ini untuk mengail dan menarik keluar per soknya. Lalu masukkan slang akuarim yang sudah tersambung dengan suntikan ke dasar batang sok.

Sedot oli yang ada di tabung suspensi ini pakai alat suntik itu. Kalo tabung suntik sudah penuh, pindahkan isi oli ke gelas ukur secara bertahap sampai benar-benar gak ada lagi oli yang tersisa di tabung sok.

Nah dari situ kita bisa lihat, seberapa banyak oli yang dituang ke gelas ukur. Nantinya, sebanyak itu pula kita harus isi pada tabung sok, umumnya untuk satu tabung dianjurkan berkisar 80 ml.

Tapi itu bukan harga mati. Kalo mau redaman agak keras atau lembut juga bisa. Misal biar lebih keras bisa tambah 10-20 ml. Sedang jika mau lebih empuk, ya tinggal lakukan kebalikannya. Semua tergantung jokinya.

Setelah memilih tingkat redaman yang kita mauin, silakan tuang oli baru di gelas ukur tadi sampai habis ke dalam tabung sok. Sekarang, masukkan lagi per ke tabung sokbreker dan pasang baut penguncinya pakai kunci 17. Lakukan hal sama untuk tabung yang satunya lagi. Gampang kan?

Sumber : otomotifnet.com

4 Tanggapan

  1. mw tny harga coil satria yg ori brp ya?
    terima kasih………….

  2. beli yg aftermarket aj om biar makin maknyuss, atau pakai punya supra fit lama

  3. Mantap infox, blog yg bgs brow

  4. mas harga olix itu biasax kisaran brapa mksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: